Soal Nahwu Sharaf
SOAL ULANGAN
LKP ELPIKHI BINA HUSADA BOGOR
___________________________________________________________________________
MATA PELAJARAN : NAHWU SHOROF
KELAS : VII (TUJUH)
WAKTU : 60 MENIT
___________________________________________________________________________
I. Pilihlah salah satu jawaban a, b, c atau d yang paling tepat dan benar!
1. Ilmu yang mempelajari tentang stuktur kalimat bahasa Arab disebut ilmu…..
a. Shorof c. Ilmu mantiq
b. Nahwu d. Ilmu alat
2. Lafadh yang tersusun yang berfaidah dan disengaja disebut dengan….
a. Kalimat c. Kalam
b. Kalim d. Murokab
3. Kalam adalah terdiri dari bagian-bagian yang disebut dengan…..
a. Lafadz c. Kata-kata
b. Kalimat d. Huruf
4. Kalimat fi'il adalah kalimat yang bisa menunjukan arti dengan sendirinya dan ….
a. Bersamaan dengan zaman (waktu) c. Harus dirangkai dengan kalimat lain
b. Bersamaan dengan waktu yang akan datang d. Bersamaan waktu yang telah lalu
5. Tanda-tanda kalimat isim jumlahnya ada ….
a. Lima c. Tiga
b. Sepuluh d. Empat
6. Kalimat disamping ini, manakah yang termasuk dalam huruf jer. رب رجل كريم لـقـيته
a. رجل c. رب
b. كريم d. لقيته
7. Di bawah ini adalah tanda-tanda kalimat fiil, kecuali ….
a. السين c. سو ف
b. قد d. في
8. Berikut ini adalah tanda-tanda kalimat fi'il yang bisa masuk pada fi'il madhi dan fi'il mudhori'.
a. السين c. سو ف
b. قد d. في
9. Kalimat huruf bisa ditengarai dengan ….
a. Adanya tanda-tanda fi'il c. Adanya tanda-tanda khusus
b. Adanya tanda-tanda isim d. Tidak adanya tanda-tanda fi'il dan isim
10.Huruf yang digunakan untuk sumpah disebut dengan huruf ….
a. Qolb c. Syarat
b. Jer d. Qosam
11. Apakah yang menyebabkan terjadinya i'rob?
a. Posisi kalam c. Masuknya amil yang berbeda
b. Cara membaca d. Masuknya huruf
12. قا ل موسى ما جئتم به السحر
Dari penggalan ayat di atas bagian manakah yang berubah secara lafdzi.
a. جئتم c. السحر
b. موس d. قال
13. I'rob yang dikira-kirakan disebut I'rob ….
a. Qiyasi c. Taqdiri
b. Hikayat d. Lafdzi
14. Apa sajakah dari keempat i'rob yang ada yang bisa masuk pada kalimat isim maupun fi'il
a. Jazm rofa' c. Rofa' Nashob
b. Rofa' jer / khofadz d. Jazem jer / khofadz
15. I'rob jer dan jazm disebut dengan …
a. I'rob Mukhtas c. I'rob Mabni
b. I'rob Musytarok d. I'rob Hakiki
16. Di bawah ini yang termasuk tanda-tanda i'rob rofa' adalah …
a. Alif + wawu + nun c. Fathah + kasroh
b. Yaa' + nun d. Dhommah + alif + Hadz fu nun
17. Jama' muannassalim ketika rofa' ditandai dengan ….
a. Alif c. Kasroh
b. Dhommah d. Nun
18. Di bawah ini adalah kalimat-kalimat yang ketika rofa' ditandai dengan dhommah adalah ..
a. Jama'taksir, asmaul khomsah
b. Af'alul khomsah, fi'il mudhori', shohih akhir
c. Jama' muanassalim, Fi'il mudhori' yang tidak bertemu dengan dhomir
d. Jama'mudzakar salim, isim mufrod
19. ..…adalah isim jama' yang ditandai dengan alif dan ta' marbuthoh
a. Jama'mudzakarsalim c. Jama' taktsir
b. Jama' muannassalim d. Isim jama'
20. …..adalah kalimat yang menunjukan arti satu, bukan asmaul khomsah dan tidak menyerupai isim tasniyyah dan jama'.
a. Isim tasniyyah c. Isim jama'
b. Isim mufrod d. Isim fa'il
21. Berikut ini adalah kalimat-kalimat yang ketika rofa' ditandai dengan wawu, adalah ….
a. Af'alul khomash, asmaul khomsah c. Jama' taksir, Isim mufrod
b. Jama' mudzakarsalim, asmaul khomsah d. Jama' muanassalim, fi'il mudhori'
22. ….. adalah isim jama' yang ditandai dengan wawu dan nun ketika rofa' dan ditandai dengan ya' dan nun ketika nashob dan jer.
a. Jama' taksir c. Isim mufrod
b. Jama' mudzakarsalim d. Jama' muanassalim
23. Isim tasniyyah ketika rofa' ditandai dengan …..
a. Alif c. Isim mufrod
c. Nun d. Wawu
24. ….. ketika rofa' ditandai dengan tetapnya Nun.
a. Af'alul khomsah c. Asmaul khomsah
b. Af'alul muqorrobah d. Jama' mudzakarsalim
25. Tanda-tanda i'rob nashab ada ….
a. Empat c. Tiga
b. Lima d. Enam
26. Fi'il mudhori' yang shohih akhir ketika nashab ditandai dengan …..
a. Alif c. Kasroh
b. Fathah d. Dhomah
27. Jama' muanassalim ketika nashob ditandai dengan ….
a. Alif c. Kasroh
b. Fathah d. Pembuangan nun
28. Berikut ini adalah kalimat-kalimat yang ketika nashob ditandai dengan yaa' dan nun adalah …
a. Jama' taksir, jama' muanassalim c. Fi'il mudhori' shohih akhir
b. Jama' mudzakarsalim, isim tasniyyah d. Af'alul khomsah
29. ربـنا وا جعـلنا مسلمينِِِِ لك ومن ذ ريـتنا ا مة مسلمة لك
Kalimat yang digarisbawahi adalah contoh dari ….. ketika nashob.
a. Jama' mudzakarsalim c. Asma'ul khomsah
b. Isim Tasniyyah d. Af'alul khomsah
30. Apakah tanda-tanda af'alul khomsah ketika nashob?
a. Tsubuutun nun c. Fathah
b. Hadzfu nun d. Alif
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!
1. Apakah yang disebut dengan kalimat isim? Jelaskanlah!
2. Apakah fungsi سوف dan سين ketika masuk pada fi'il mudhori'?
3. Apakah yang dimaksud dengan i'rob taqdiri itu?
4. Jelaskan perbedaan isim tasniyyah dan jama' mudzakarsalim ketika nashob!
5. Sebutkan kalimat-kalimat yang ketika nashob ditandai dengan alif!
=======================================================================
I.
Pilihlah jawaban yang
paling tepat!
1.
|
Kata قَرَأَ termasuk ……………………..
|
|||||||
|
a.
|
Fi’il
|
b.
|
Isim
|
c.
|
Maf’ul
|
d.
|
Maf’ul bih
|
2.
|
Kalimat قَرَأْتَ termasuk …………………..
|
|||||||
|
a.
|
فِعِلْ مَاضِ
|
b.
|
فِعِلْ مُضَارِعْ
|
c.
|
فِعِلِ اَمَرْ
|
d.
|
Semua salah
|
3.
|
فِعِلْ dibagi menjadi
………………………….
|
|||||||
|
a.
|
Satu
|
b.
|
Dua
|
c.
|
Tiga
|
d.
|
Empat
|
4.
|
كِتَابٌ termasuk ……………………….
|
|||||||
|
a.
|
اِسِمْ
|
b.
|
فِعِلْ
|
c.
|
خ ُرُفْ
|
d.
|
اَمَرْ
|
5.
|
طَارَ العُصْفُوْرُ mana yang
termasuk فَاعِلْ
|
|||||||
|
a.
|
طَارَ
|
b.
|
العُصْفُوْرُ
|
c.
|
طَارَ العُصْفُوْرُ
|
d.
|
Semua salah
|
6.
|
..........اُسْتَاذٌ
|
|||||||
|
a.
|
كَتَبَ
|
b.
|
مِمْسَحَةٌ
|
c.
|
قَرَأَ
|
d.
|
سَبُّوْرَةٌ
|
7.
|
فَا عِلٌ dalam bahasa
Indonesia disebut …………………
|
|||||||
|
a.
|
Pelaku
|
b.
|
Kata kerja
|
c.
|
Kata benda
|
d.
|
Yang terkena kerjaan
|
8.
|
...........يَشْرَبُ
|
|||||||
|
a.
|
شَايَ
|
b.
|
قَهْوَةٌ
|
c.
|
اَحْمَدٌ
|
d.
|
لَبَنٌ
|
9.
|
Maf’ul bih adalah isim yang di…………………………
|
|||||||
|
a.
|
Nashobkan
|
b.
|
Rafa’kan
|
c.
|
Jazmkan
|
d.
|
Jarkan
|
10.
|
شَدَّ الحَبْلَ تِلْمِيْذٌ (murid menarik tali), susunan
yang benar adalah ……………………….
|
|||||||
|
a.
|
شَدَّ التِلْمِيْذُ الحَبْلَ
|
b.
|
الحبل تلميذ شد
|
c.
|
تلميذ شد الحبل
|
d.
|
Semua salah
|
11.
|
Maf’ul bih terkena sasaran pekerjaan………………….
|
|||||||
|
a.
|
فَاعِلْ
|
b.
|
مَفْعُوْلْ
|
c.
|
فِعِلْ
|
d.
|
مَفْعُوْلْ بِهِ
|
12.
|
التُفَّاحَةُ خَلْوَةَ (apel itu manis) terdiri dari …………
|
|||||||
|
a.
|
Mubtada’ dan khobar
|
c.
|
Fa’il maf’ul
|
||||
|
b.
|
Maf’ul bih
|
d.
|
Jumlah fi’liyah
|
||||
13.
|
الصُوْرَةٌ…………….
|
|||||||
|
a.
|
اَمَامَ
|
b.
|
قَصِيْرَةٌ
|
c.
|
فِى
|
d.
|
جَمِيْلَةٌ
|
14.
|
المَسْجِدُ نَضِيْفٌ (masjid itu bersih) kata المَسْجِدُ menjadi…………………
|
|||||||
|
a.
|
Mubtada’
|
b.
|
Khobar
|
c.
|
Fa’il
|
d.
|
Maf’ul
|
15.
|
لَمِعَ البَرْقَ (kilat itu menyambar), termasuk jumlah…….
|
|||||||
|
a.
|
Fi’liyah
|
b.
|
Ismiyah
|
c.
|
Mufidah
|
d.
|
Kalimah
|
16.
|
Jumlah fi’liyah terdiri dari ………………….kalimat
|
|||||||
|
a.
|
Dua
|
b.
|
Tiga
|
c.
|
Empat
|
d.
|
Lima
|
17.
|
Kata yang tersusun dari fi’il dan fa’il dinamakan
……………………….
|
|||||||
|
a.
|
Jumlah fi’liyah
|
b.
|
Jumlah ismiyah
|
c.
|
Jumlah mufidah
|
d.
|
Jumlah kalimat
|
18.
|
Jumlah ismiyah terdiri dari…………………………….
|
|||||||
|
a.
|
Mubtada’ dan khobar
|
c.
|
Fi’il dan fa’il
|
||||
|
b.
|
Jumlah fi’liyah
|
d.
|
Fi’il dan maf’ul
|
||||
19.
|
المَدْرَسَةُ جَمِيْلٌ seharusnya……………………….
|
|||||||
|
a.
|
المَدْرَسَةُ جَمِيْلَةٌُ
|
b.
|
المَدْرَسُ جَمِيْلٌ
|
c.
|
المَدْرَسَ جِمِيْلَةِ
|
d.
|
جَمِيْلَةُ المَدْرَسَةُ
|
20.
|
كتب التلميذ terdiri dari………………………
|
|||||||
|
a.
|
فِعِلْ + اِسِمْ
|
b.
|
اِسِمْ + فِعِلْ
|
c.
|
اِسِمْ
|
d.
|
فِعِلْ
|
II.
lengkapi titik titik di
bawah ini!
1. التُفَّاحَةُ حَلْوَةَ (apel itu manis), mana yang termasuk mubtada’! ……………
2. الاُسْتَاذٌ ......... lengkapi kata tersebut!
3. ...........صَغِيْرٌ lengkapi kata
tersebut!
4. طَارَ العُصْفُوْرُ (burung itu telah terbang), dari kalimat tersebut mana yang
menjadi fa’il
5. Salah satu tanda fa’il adalah…………………..
6. ............يَشْتَرِي berilah fa’ilnya!
7. شَدَّ التِلْمِيْذُ الحَبْلَ mana yang menjadi maf’ul bih !....................
8. قََرَأ التِلْمِيْذُ........... lengkapi kalimat tersebut !
9. Khobar selalu mengikuti………………..
10. الكِتَابَانِ ............ lengkapi kalimat tersebut!
III. Tulislah tasrif di bawah ini dengan
fi’il madli!
مَدَّ
|
نَصَرَ
|
فَعَلَ
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV.
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan tepat!
1. Apa yang dimasksud dengan fa’il, berikan 1 contoh ?..............
2. Apa yang dimaksud dengan mafu’l bih, berikan 1 contoh? ……………
3. Apa yang dimaksud dengan jumlah fi’liyah, berikan 1 contoh?..............
4. Apa yang dimaksud dengan jumlah ismiyah, berikan 1 contoh?..................
5. Apa yang dimkasud dengan mubtada’ dan khobar, berikan 1 contoh
?................
======================================================================
https://www.kangichsan.id/latihan-soal-ilmu-nahwu-ke-1/
======================================================================
soal shorof
1. Bina’ mudho'af adalah bina’ yang ain dan lam fiilnya berupa huruf yang sama, di bawah ini yang termasuk bina’ mudho'af adalah ……..
a. وَعَدَ، يَسَرَ c. مَدَّ, فَرَّ
b. أخَذَ، صَانَ d. نَصََََرَ، أمَلَ
2. اَكَلَ-يَأْكُلُ adalah termasuk bina’ ……
a. ناقص واو c. أجواف واو
b. مثال واو d. مهموز فاء
3. Bagaimana bunyi fi’il amar dari اَمَلَ dan رَدٌَ?
a. رَدِّدْ dan اُوْمُلْ c. أرْدُدْ danأأمُلْ
b. رُدَّdan أأمُلْ d. رُدََََّ dan اُوْمُلْ
4. Yang dimaksud dengah bina’ sahih adalah …….
a. Bina’ yang mesti ada tasdidnya
b. Bina’ yang ain dan lam fi’ilnya berupa huruf illat
c. Bina’ yang huruf-hurufnya tidak berupa huruf ilat
d. Bina’ yg ain dan lam fi’ilnya berupa huruf yg sejenis
5. Di bawah ini yang termasuk contoh dari bina’ mahmuz fa’ adalah ……
a. أَكَاَلَ dan أَمَرَ c. أَخَذَ dan وَاََبَ
b. قَرَأَ dan أَمَلَ d. salah semua
6. Masdar ghoiru mim dari وَقَىَ dan وَعَى ?
a. وَعْيًا ، وَقيْاً c. وعية ، وَقيْاً
b. وِقَيَة ً، وِقاَيَة ً d. وَعْيًا ، وِقَاَيَة ً
7. Di bawah ini yang termasuk pengertian mitsal wawi ialah..
a. Bina’ yang ain fi’ilnya berupa huruf wawu
b. Bina’ yang lam fi’ilnya berupa huruf illat
c. Bina’ yang fa’ fi’ilnya berupa huruf wawu
d. Bina’ yang ain dan lam fi’ilnya berupa wawu
8. Di bawah ini yang merupakan contoh bina’ ajwaf adalah…
a. صَفَا dan صَانَ c. أخَذ َ dan دَعَا
b. قاَمَ dan سَارَ d. زَارَ dan مَدَّ
9. Lafadz أََمَلَ danدَعَاَ adalah merupakan contoh dari bina’ ……
a. Ajwaf dan mudho’af c. Shohih dan mitsal
b. Mitsal dan naqis d. Mahmuz dan naqis
10. شَوَى- يَشْوِى dan فـَرَّ – يَفِرُّ keduanya termasuk fi’il tsulasi mujarrad bab ke-……………….!
a. Ke-I c. Ke-III
b. Ke-II d. Ke-IV
11. Berikut pernyataan yang benar bentuk masdar ghoiru mim dari lafadz دَعََا dan قاَمَ ialah……
a. قـَوْمًا ، دَعْوًا c. قِيَامًا ، دَعْوًا
b. قََـَوْمًا ، دُعاءً d. قِيَامًا ، دُعَاءً
12. Di bawah ini adalah merupakan pernyataan yang salah kecuali ?
a. Bina’ mahmuz adalah bina’ yang salah satu hurufnya berupa hamzah
b. Bina’ mahmuz adalah bina’ yang salah satu hurufnya berupa huruf illat
c. Bina’ mahmuz adalah bina’ yang salah satu hurufnya berupa wawu
d. Bina’ mahmuz adalah bina’ yang salah satu hurufnya berupa ya’
13. Fi’il amar dari lafadz " يَسَرَ " adalah ….
a. اِسِيْرْ c. اِيْسِرْ
b. سِرْ d. يَسِّرْ
14. Lafadz " مَوْقـًى" dan " مَشْوًى" adalah bina’ lafif. Di bawah ini yang merupakan fi’il madhi dari lafadz di samping ialah………
a. مَاشَ ، مَاقَ c. مَاشَى، وَقـَي
b. شَوَى، وَََقـَى d. وَمَشَى، وَمَقَ
15. " وَأبَ، وَألَ " adalah contoh dari bina’ ……
a. ناقص ، مهَمُوز c. أجواف، مهموز
b. لفيف ، مهموز d. مثال، مهموز
16. " تَمَّ ، بَرَّ " adalah bina’ mudho’af yang diikutkan wazan……
a. فَعَلَ- يَفـْعُُلُ c. فـَعَلَ – يَفعَلُ
b. فَعِلَ – يَفعَلُ d. فَعَلَ – يَفعِلُ
17. Berikut ini, lafadz asal dari " صَفَا – دَعَا " yang benar sebelum dii’lal adalah …
a. صَفَوَ – دَعَوَ c. صَفَيَ – دَعَيَ
b. صَفَاءَ – دَعَاءَ d. صَفَوَ – دَعَيَ
18. Di bawah ini termasuk bina’ mahmuz dan bina’ mitsal ialah ……
a. وَعَدَ – وَأبَ c. سَارَ- أمَلَ
b. يَسَرَ – قرَأَ d. a dan b benar
19. Fi’il madhi dari lafadz " مَيْسِرٌ " ialah ……
a. سَارَ c. سَرَى
b. يَسَرَ d. سَيَرَ
20. Berikut pernyataan yang benar adalah ……
a. Bina’ lafif adalah bina’ yang dua dari huruf asalnya terdiri dari huruf illat
b. Bina’ lafif adalah bina’ yang salah satu hurufnya berupa huruf illat
c. Bina’ lafif adalah bina’ yang fa’ dan lam fi’ilnya atau ain dan lam fi’ilnya berupa huruf illat
d. a dan c benar
20. Apa masdar ghoiru mim dan bina’ dari lafadz " سَرَى-يَسُرِى"
a. سَيُراً , naqis wawi c. يٌسُراً ajwaf
b. سِِِِِِراَيَةً, naqis ya’i d.سَائِِِرmitsal
Berikut ini, isim maf’ul dari lafadz " شَوَى " adalah…..
a. مَشْوَوْيٌ c. مَشَوْيٌ
b. مَشْـوِيٌ d. مَشْيٌ
21. Pengertian dari bina’ naqis ialah ?
a. Bina’ yang lam fi’ilnya berupa huruf illat
b. Bina’ yang ain fi’ilnya berupa huruf illat
c. Bina’ yang fa’ fi’ilnya berupa huruf illat
d. Bina’ yang sepi dari huruf illat
22. Fi’il amar dari lafadz " فـَتَحَ – يَفْـتَحُ " ialah ….
a. فَتْحًا c. اِفتَحْ
b. فـَاتِحٌ d. فـَتِّح
23. Di bawah ini yang termasuk bina' naqis wawi adalah…….
a. شَِوَى c. سَرَى
b. غَزَى d. فَتَحَ
24. Berikut ini masdar ghoiru mim yang benar dari lafadz وَعَدَ adalah………
a.وَعُداًَََ c.وَعَداً
b.عِدَةً d.وَمَوُعِداً
28. شَوَى dan سَرَى keduanya adalah termasuk contoh bina'…….
a. Ajwaf dan mitsal c. lafif maqrun dan naqis
b. Lafif mafruq dan naqis d. mudho'af dan mahmuz
29. di bawah ini masdar ghoiru mim dari سَرَى- يَسُرِadalahِ…
a. سَيُراً c. سَائِرٌ
b. سِِرَايَةً d. Salah semua
30. Di bawah ini termasuk contoh bina' sahih adalah………
a.اَكَلَ c. b dan d benar
b.فَتَحَ d.مَسَحَ
II. ESSAI
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan shighot ? berapa jumlah sighot, sebutkan
2. apa yang dimaksud dengan fi’il tsulasi mujarrad, dan berikan contoh mauzun dari bab III
3. Apa yang kamu ketahui tentang bina’ ?
4. Bina' dibagi menjadi berapa? Sebutkan serta jelaskan 4 macam yang kamu ketahuis
5. bagaimana bentuk masdar ghoiru mim, isim fail dan isim maf'ul dari وَقَعَو, ساَرَ, نَشَاَ,يَفَعَ ?
=======================================================================
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang
merupakan jawaban
yang paling tepat!
1. Apa fiil madlinya مًخْرُوْجٌ........
a. كَتَبَ c. ضَرَبَ
b. خَرَجَ d.
نَصَرَ
2. Apa shighotnya lafadz خَارِجٌ.......
a. Isim fail c. isim maf’ul
b. isim isyaroh d.
Isim dhomir
3. Apa isim masdarnya حَسِبَ......
a. حَاسِبٌ c. مَحْسُوْبٌ
b. يَحْسِبُ d. حُسْبَاناً
4. Fiil yang menunjukkan arti larangan
adalah ......
a. Fiil madli c. fiil mudlori’
b. fiil amar d. Fiil nahi
5. Lafadz مَذْهَبًا ikut wazan apa .......
a. فَعْلآً c. فَاعِلٌ
b. مَفْعُوْلٌ d. مَفْعَلاً
6. Isim apa
حَاسِبٌ .......
a. Fail c. maf’ul
b. masdar d. Isyaroh
7. Apa isim maf’ulnya ضَرَبَ.........
a. خَارِجٌ c. خُرُوْجًا
b. مَضْرُوْبٌ d. مًخْرُوْجٌ
8. Apa arti dari amar
a. Terlaksana c.
perintah
b. Larangan d. Pelaksana
9. Apa arti dari madli ....
a. Larangan c. pelaksana
b. Terlaksana d. Perintah
10. Apa shighotnya مِفْعَلٌ ........
a. Isim fa’il c. Isim alat
b. Isim Dhomir d. Isim maf’ul
11. اِحْسَبْ apa shighotnya ......
a. Fi’il amar c.
Isim fa’il
b. fi’il madli d.
Fi’il Mudlori’
12. Apa fi’il mudlori’ dari مَنْصُوْرٌ .....
a. يَعْلَمُ c.يَدْرُسُ
b. يَحْسُنُ d. يَنْصُرُ
13. Apa isim setelah isim dhomir
dalam tasrifan .....
a. Isim fail c. Isim masdar
b. Isim maf’ul d. Isim isyaroh
14. لِيَعْلَمْ
shighotnya yaitu
....
a. Amar hadlir c. nahi hadlir
b. Nahi ghoib d. Amar ghoib
15. Fi’il amar مَكْتُوْبٌ
yaitu ......
a. 3 cاُكْتُبْ .
b. 4 d. 2
II.
Isilahdenganjawaban
yang tepat!
1. Apa
isim zaman nya
فَتَحَ …………
2. Apa
isim maf'ulnya عَلِمَ ………………
3. Apa
fi'il amarnya نَصَرَ ………………….
4. Ada
berapa macam fiil amar ? sebutkan !
5. Beri
contoh !
6. Apa madlinya مَحْسُوْنٌ .............
7. Apa fiil nahinya نَصَرَ ........
8. Apa shighotnya مَحْسُوْبٌ !
9. Beri contoh fiil nahi ghoib!
10.
Beri contoh fiil amar ghoib!
=====================================================
Soal Ulangan Tengah Semester Shorof
Petunjuk Umum :
1. Mulailah dengan bacaan Basmalah dan akhiri
dengan Hamdalah
2. Dahulukan menulis Nama, Nomor Peserta dan
Ruang
3. Dahulukan untuk menjawab pertanyaan yang
dianggap mudah
4. Sebelum lembar jawaban diserahkan kepada
Pengawas, periksa kembali Lembar Jawaban
I.
Berilah tanda
contreng/silang (X) jawaban yang benar pada pertanyaan berikut!
a.
Kalimah
asal yang digunakan dalam ilmu tasrif adalah . . . .
|
Masdar
|
|
|
Fiil
,adhi
|
|
Fiil
Mudhore
|
|
|
Fiil
Nahyi
|
b.
Ada
berapa macamkah cara membaca wazan fiil mudhore pada lafadz فَعَلَ . . . .
|
Dua
|
|
|
Empat
|
|
Tiga
|
|
|
Satu
|
c.
Apa
cirri dari Tsulasi Mujarod bab ke-4 . . . .
|
Dibaca
kasroh pada ‘ain fiil madhi daan mdhore
|
|
|
Fathah
pada ‘ain fiil madhi dan kasroh pada ‘ain fiil mudhore’
|
|
Fiil
Mudhore
|
|
|
Fiil
Nahyi
|
d.
Apa
sighot dari kata: لاَتَفْعُلْ,
اُفْعُلْ, فَعْلاً . . . . . .
|
Masdar,
Fiil Amar, fiil Nahyi
|
|
|
Isim
Alat, Isim Makan, fiil Nahyi
|
|
Isim
Fail, Isim Maf’ul, fiil Nahyi
|
|
|
Isim
Dhomir, Masdar, Isim Isaroh
|
e.
Kalimah
fiil yang mengikuti fiil tsulasi mujarod bab ke-5 adalah bina’. . . . .
|
Muta’adhi,
Lajim
|
|
|
Lajim
|
|
Muta’adhi
|
|
|
Litaksir
|
f.
Manakah
yang termasuk kedalam koidah Tsulasi Mazid . . . . .
|
فِعْلٌ ثُلاَثِيٌ إِذَا يُجَرَدُ اَبْواَبُهُ سِتٌ كَمَا سَتُسْرَد
|
|
|
وَخْصُصْ خُمَا سِيًا بِذِى الأَوْزَانِ فَبَدُوْهَا كَانْكَسَرَ
وَالثَّان
|
|
اَوَّلُهَارُبَاعِى مِثْلُ اَكْرَمَ وَفَعَّلّ وَفَاعَالَ
كَخَاصَمَا
|
|
|
زَيْدٌ ثُلاَثِى اَرْبَعُ مَعَ عَشْرٍ وَهِيَ ِلإَقْسَامِ ثَلاَثِى تَجْرِى
|
g.
Fiil tsulasi
mujarrod babnya ada berapa?
|
enam
|
|
|
Empat
belas
|
|
delapan
|
|
|
Dua
belas
|
h.
Apabila ‘ain
fiil madhi berkharokat fathah maka ‘ain fiil mudhore’nya ada berapa kemungkinan
menyandang harokatnya?
|
enam
|
|
|
Tiga
|
|
delapan
|
|
|
Dua
belas
|
i.
Masdar mim dari
fi’il tsulasi mujarrod apabila terdidri dari bina’ ajwaf, shohih,mahmuz dan
mudho’af maka mengikuti wazan…?
|
مُفْعَلٍ
|
|
|
مُفْعِلٍ
|
|
مَفْعَلٍ
|
|
|
مِفْعَلٍ
|
j.
Huruf akhir
fiil madhi itu harus dibaca fathah secara muthlak, dan mabni dhommah apabila
akhir fiil madhi tersebut bertamu dengan….?
|
Dhomir
mukhotob
|
|
|
Nun
Niswah
|
|
Wawu
dhomir jamak
|
|
|
Hamzah
qotho
|
II. Tulislah penjelasan dari istilah berikut!
1.
Hamzah qotho
adalah……… berikan contohnya 2 saja
2.
Hamzah wasol
adalah ………. berikan contohnya 2 saja
3.
Masdar mim adalah
……….. berikan contohnya 2 saja
4.
Tasrif menurut istilah
adalah …..
5.
Shorof menurut
bahasa adalah …..
6.
Bagaimana cara
membuat fi’il mabni majhul dari fi’il madhi?
7.
Tulislah bait
yang menjelaskan bahwa fi’il madhi huruf akhirnya berkharokat sukun (mabni sukun)
8.
Tulislah 3 bab
dari fiil tsulasi mujarrod!
9.
Berikan 3
contoh fiil humasi dan tsudasi!
10. Siapakah mu’allif kitab nadhmul maksud?
=======================================================================
======================================================================
Apa
- قاتل d
Ga ada kinci jawabannya ya..
BalasHapusizin untuk menkopi untuk menambah bank soal saya mengerjakan skripsi saya, dan terimakasih jika di izinkan
BalasHapusBoleh di copas naskah soalnya ya ust. terima kasih.
BalasHapusIzin copas ustadz
BalasHapusIzin kopas ustadz
BalasHapusUstadz izin copas naskahnya nggih
BalasHapus