TERJEMAHAN KITAB IMRITI

TERJEMAHAN KITAB IMRITI

Pendahuluan

Kitab “Nadhom Al-Imriethie” ini merupakan matan Kitab Jurumiyyah ; 

kitab ilmu nahwu yang digubah menjadi bentuk nadhom / natsar / sya’ir. Pengarangnya Al-Muallamah Syeikh Syarafuddien Yahyaa Al-Imrithi Rohimahulloh. Di kalangan santri, kitab ini menjadi salah satu sorogan favorit fan ilmu alat lanjutan. Umumnya diberikan setelah tahapan kitab jurumiyyah dapat terhapal dan terpahami dengan baik. Dengan cara penyampaian nadhom seperti ini, para pembelajar lebih terbantu ingatannya atas hapalan yang sangat muskil sekalipun. Isi nadhom Imrithie antara lain terdiri dari bait-bait : Muqoddimah, Bab Kalam, Bab I’rob, Bab Alamat I’rob, Bab Alamat Nashob, Bab Alamat Khofad, Bab Alamat Jazm, dst… – Lengkap mengenai prinsip-prinsip dasar Ilmu Nahwu – (Terjemahan lengkap seluruh nadhom ini , di pasaran telah banyak tersedia).Selain Gubahan Nadhom Imrithie untuk Ilmu Nahwu, ada juga Nadhom untuk Ilmu Sharaf (Nadhom Al-Maqshuud, Syeikh Ahmad Abdurrohiem Rohimahulloh), Nadhom ‘Iddatul Faridh untuk Ilmu Faroo-idh, Nadhom Al-Khulashah untuk Alfiyah, dll.Nadhom, natsar, atau syair untuk hal ini merupakan bentuk-bentuk Jariyah ulama adiluhung Islam yang selama ini menjadi bagian dari upaya pembelajaran ilmu-ilmu keislaman sebagai sastra. Menjadi seni keindahan bertutur bahasa atau tulisan. Di beberapa kalangan Pesantren Salafiyah di Jawa Barat, banyak para ‘ajengan’ setempat yang menggubah pengajaran Ilmu Fiqih, Tauhid, Akhlaq/Tasawwuf, dll. sebagai nadhoman, natsar atau syairnya kedalam Bhs. Sunda. Bahkan tidak sedikit yang menambahkan aransemen Ilmu Arudl (Ilmu Tata Suara, Not Musik). Pembawaan Kitab Al-Barzanji yang sangat tinggi nilai saststranya itu misalnya, kerap diiringi ‘terbangan’ (Madaarijus-su’ud). Dan harus diakui, Islam terbukti dapat melebarkan sayap dan menyentuh penganutnya di seantero jagad, antara lain berkat faktor ini. Hal ini tiada lain sebagai Ibroh dari Al-Qur’anul-Adhiem yang mempunyai nilai seni tutur bahasa Yang Sangat Agung, yang tidak akan terkalahkan seni dan keindahan sastranya itu. Bukankah Kita dianjurkan harus senantiasa membaca al-qur’an yang suci ini dengan tartil. Minimal dengan langgam salah satu ketentuan ‘qiro’ah sab’ah’KEMBALI KE MENU UTAMA

Terjemah Kitab Imrithi
بسم الله الرحمن الرحيمالحــــــــمد لله الذى قد وفقاللـعلم خــــــــــير خلقه وللتقىSegala puji bagi ِAllah yang telah menolong hamba – hamba terbaiknya dengan ilmu dan taqwa
 حتى نـحت قلوبـــهم لنحوهفمن عظيـــــــــم شأنه لم تحوه
Sehinga hati mereka menuju kepada-Nya , karena keagungan Dzat – Nya namun mereka tidak mampu mencakup - Nyaفأشـــربت معنى ضمير الشانفأعربت فى الـــــحان بالالحانMaka dicampurlah ma’na , dlomir syain ( kalimah taukhid ) di dalam hati , sehingga bisa merasakan indahnya berma’rifat kepada-Nya serasa mendengarkan alunan lagu  ثم الـــصلاة مع سلام لائقعلى النبــــــــى افصح الخلائقSholawat serta salam sudah selayaknya di haturkan kepada Nabi yang paling fasih dari semua mahlukمحــــمد والال والاصحابمن اتـــــــــقنواالقران بالاعرابYaitu Nabi Muhammad , kepada keluarga dan sahabatnya yang menyakini Al – qur’an dengan sebab I’robوبعد فاعــلم انه لما اقتصرجل الورى على الكلام المختصرSelanjutnya ketahuilah bahwa banyak ulama’ besar membuat ringkasan dari kitab yang sudah ringkasوكان مطلوبا اشــــدا الطلبمن الورى حفظ اللسان العربىDan mendalami bahasa arab yang sangat penting bagi manusiaكى يــــفهموا معاني القرانوالســـــنة الدقيقة الـــــمعانىSupaya mereka bisa memahami Al – qur’an dan as-sunah yang rumit kandungan maknanyaوالنحو اولى اولا ان يعلـمااذ الكـــــلام دونه لن يفـــــهماNahwu adalah ilmu yang paling utama dipelajari dahulu , karena kalam Arab tanpa ilmu nahwu tidak bisa difahamiوكان خير كتبه الصــغيرةكراسة لطيفة شــــــــــــــهيرةDan sebaik –baik kitab nahwu yang begitu kecil , yaitu satu kuras yang begitu tipis dan terkenalفى عربها وعجمها والرومالفها الحــــــــــبر ابن اجرومDi negara Arab dan Ajam, juga dikerajaan Rum , yang dikarang oleh seorang yang alim yaitu IBNU AJURUMوانتفعت اجــــــــلة بعلمهامع ماتراه من لطيف حجمهاUlama’-ulama’ besar banyak yang menimba ilmunya kitab Jurumiah, padahal mereka tahu dari bentuknya yang kecilنظمتها نظما بديعا مقتدىبالاصل فى تقريبه للمبتدىMaka aku nadhomkan kitab jurumiah dengan nadhom yang indah serta mengikuti kitab asalnya untuk memudahkan orang yang mulai belajar ilmu nahwuوقد حذفت منه ماعنه غنىوزدته فوائدا بـــــــها الغنىAku telah membuang sebagian yang kurang perlu , dan aku tambahkan beberapa faedah yang cukup penting متمـــــــما لغالب الابوابفجاء مثل الشـــــــرح للكتابUntuk melengkapi bab-bab yang sudah ada , maka adanya kitab ini seperti sebuah penjelasan ( syarah ) dari kitab asal (jurumiah )سئلت فيه من صديق صادقيفهم قولــــــى لاعتقاد واثقAku diminta untuk membuat nadhom oleh beberapa sahabat dekat yang bisa memahami ucapanku dengan tekat yang kuatاذالفتى حسب اعتقاده رفعوكل من لم يعتقـــــد لم ينتفعKarena kemuliaan kawula muda di ukur dari tekadnya, barangsiapa tidak mempunyai keyakinan ( tekad ) maka tidak akan meraih ( keberhasilan )فنسأل المنان ان يجــــيرنامن الريا مضـــــاعفا اجورناAku mohon kepada dzat yang maha pemurah supaya menyelamatkan diriku dari sifat riya’ juga melipat gandakan pahalakuوان يكـــــــون نافعا بعلمهمن اعتنى بحــــــفظه وفهمهDan semoga memberikan manfaat ilmu nadhom ini bagi siapa saja yang telah berusaha menghafal dan memahaminyaباب الكلامكلامــــــهم لفظ مفيد مسندوالكـــــلمة اللفظ المفيد المفردKalam menurut mereka ( ahli nahwu ) adalah lafadz yang menunjukan (mufid ) yang disandarkan , sedang kalimah adalah lafad yang menunjukan makna serta mufrod (tidak disandarkan )لاسم وفعل ثم حرف تنقسموهذه ثلاثهــــا هى الكلمKalimah dibagi atas kalimah isim , fiil , dan huruf . dan kalimah ketiga ini berkumpul sebagai kalimوالقــــول لفظ قد افاد مطلقاكقــــم وقد وان زيدا ارتقىQoul adalah lafad yang berfaedah secara mutlaq seperti lafad قد - قم dan ان زيداارتقفالاسم بالتنوين والخفض عرفوحرف خفــض وبلام والفKalimah isim ditandai dengan tanwin – I’rob jer –huruf jer dan الوالفعل معروف بقد والسينوتاء تأنيــــــث مع التسكبنTanda kalimah fiil dengan adanya سين – قد    ta’ta’nis sakinahوتا فعلت مطلقا كجئت لىوالنون واليافى افعلن وافعلىTa’nya lafad فعلت ( ta’ fail ) secara mutlaq seperti lafad جئت لى –nun   ( taukid ) contoh افعلن dan ya’ ( muanas mukhotobah ) contoh افعلى والحرف لم يصلح له علامهالا انتفــــــــــــــا قبوله العلامهKalimah huruf adalah kalimah yang tidak pantas mempunyai tanda selain keadaanya yang memang tidak bisa menerima tandaباب الاعراباعرابهم تغيــــير اخر الكلمتقديرا او لفظا لعامــــل علمI’rob menurut mereka ( ulama’ nahwu ) adalah perubahan di akhir kalimah secara kira-kira / tampak lafadnya karena masuknya amil yang telah di ketahuiاقســــــــامه اربعة فلتعتبررفع ونصــــب وكذا جزم وجرPembagian I’rob ada 4 secara jelas yaitu rofa’ , nashob , jer , jazemوالكل غيرالجزم فى الاسما يقعوكلها فى الفعل والخفض امتنعSemua I’rob bisa masuk pada kalimah isim selain I’rob jazem dan semuanya juga bisa masuk pada kalimah fiil selain I’rob jerوسائر الاسماء حيث لاشبهقربها من الحـــروف معربهIsim isim yang tidak serupa dengan kalimah huruf secara dekat disebut isim mu’robوغير ذى الاسماء مبنى خلامضارع من كل نون قد خلاSelain isim isim ( yang disebut di atas ) di sebut isim mabni kecuali fiil mudlori’ yang sunyi dari setiap nun ( baik nun taukid / nun jama’ niswah)باب علامات الاعراب للرفع منها ضمة واو الفكذاك نون ثابت لامنحذفTanda dari I’rob rofa’ yaitu dlommah , wawu , alif , dan tetapnya nun yang tidak  terbuangفالضم فى اسم مفرد كاحمدوجمـع تكسير كجاء الاعبدDlommah ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada isim mufrod contoh احمد dan jama’ ta’sir contoh جاءالاعبد  وجمـــــــع تأنيث كمسلماتوكل فــــــــــعل معرب كيأتىdan jama’ ta’nits contoh مسلمات dan fiil yang mu’rob contoh يأتىوالواو فى جمع الذكور السالمكالصالحون هم اولوالمكارمWawu ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada jama’ mudhakar salim seperti lafad الصالحون هم الوالمكارمكما اتت فى الخمسة الاسماءوهى التى تأتى على الولاءSebagaimana wawu ( pada jama’ mudhakar salim ) juaga terdapat pada asmaul khomsah yang akan di datangkan dengan urut اب اخ حم وفو وذو جرىكل مـــــــضافا مفردا مكبرااب , اح , حم , فو, ذو  yang berlaku dalam bentuk mudhof , mufrod serta mukabbarوفى المثنى نحو زيدان الالفوالنون فى المضارع الذى عرفAlif ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada isim tasniyah seperti lafad زيدان dan nun ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat dalam fiil mudhori’ yang di ketahuiبــــــــــيفعلان تفعلان انتــماويفعلــــــون تفعلون معهماDengan lafad يفعلان , تفعلان , يفعلون , تفعلونوتفعلـــــين ترحمين حالىواشتهرت بالخمسة الافعال (ترحمين)  تفعلينYang dikenal sebagai  افعل الخمسة  باب علامات النصب  للنصب خمس وهى فتحة الفكسر وياء ثــــم نون تنحذفI’rob nashob mempuyai 5 tanda yaitu fatkhah , alif , kasroh , ya’ , terbuangnya nunفانصب بفتح مابضم قدرفعالا كهندات ففتــــــحه منعNashobkanlah dengan fathah pada lafad – lafad yang di baca dhomah ketika di rofa’kan kecuali semisal lafad هندات (jama’ muanas salim ) yang tidak boleh di baca fatkhah .واجعل لنصب الخمسة الاسما ألفوانصب بكسر جمع تأنيث عرفJadikan alif sebagai tanda I’rob nashobnya asmaul khomsah dan nashobkanlah jama’ muannas salim dengan kasrohوالنصب فى الاسم الذى قد ثنياوجمع تذكير مصـــــحح بياI’rob nashobnya isim tasniyah dan jama’ mudhakar salim adalah memakai ya’والخمسة الافعال حيث تنتصبفحذف نون الرفع مطلقا يجبAf’alul khomsah jika di baca nashob maka , dengan membuang ,nun rofa’ secara mutlak باب علامات الخفضعلامات الخفض التى بها انضبطكسر وياء ثم فتحة فقطTanda I’rob jer yang sudah di tetapkan adalah kasroh , ya’ , dan fatkhahفاخفض بكسر ما من الاسما عرففى رفعه بالضم حيث ينصرفJerkanlah dengan ,kasroh , pada isim yang menerima tanwin yang di tandai dengan dhomah dalam I’rob rofa’nyaواخفض بياء كل ما بهانصبوالخمسة الاسما بشرطها تصبJerkanlah dengan ya’ pada setiat isim yang dinashobkan dengan ya’ serta pada asmaul khomsah yang telah memenuhi syaratواخفض بفتح كل ما لم ينصرفمما بوصف الفعل صار يتصفJerkanlah dengan fatkah pada setiap isim ghoiru munshorif yaitu isim yang mempunyai kesamaan dengan sifat fiil بان يحـــــوز الاسم علتيناو علـــــــة تغنى عن اثنتينYang mempunyai illat 2 atau 1 yang mencakup illat 2فالف التأنيث اغنت وحدهاوصيغة الجمع الذى قد انتهىIllat alif ta’nis ( menghalangi kemunshorifan ) cukup dirinya sendiri sebagai mana shiqhot muntahal jumu’ !والعلتان الوصف مع عدل عرفاو وزن فعل او بنون والفDua illat ( yang menghalangi kemunshorifan ) adalah sifad dengan udul / wazan fiil /dengan alif nunوهذه الثـــــلاث تمنع العلموزاد تركيـــبا واسماء العجمKetika illat ( yang disebutkan ) juga menghalangi kemunshorifan isim alam dan di tanbah terkib majzi dan isim-isim ajamكذاك تأنيث بما عد الالففأن يضف او يأتى بعد ال صرفDemikian juga ta’nis tanpa alif apabila isim qhoiru munshorif di mudhofkan / kemasukan ال maka kembali munshorhifباب علامات الجزموالجزم فى الافعال بالسكوناو حذف حرف علة او نونI’rob jer yang masuk dalam kalimah fiil ditandai dengan sukunatau membuang huruf illat / nunفحذف نون الرفع قطعا يلزمفى الخمسة الافعال حيث تجزمMembuang nun alamat rofa’ di tetapkan dalam af’alul khomsah yang di baca jazem وبالسكون اجزم مضارعا سلممن كونه بحرف علة ختمJazemkanlah dengan sukun pada fiil modlore’ yang selamat huruf akirnya dari huruf illatاما بواو او بياء او الفوجزم ممعتل بها ان تنحذفBaik berupa wawu / ya’ / alif dan i’rob jazemnya fiil mudlore’ mu’tal akhir adalah dengan membuang huruf illatونصب ذى واو وياء يظهروما سواه فى الثلاث قدرواTanda nashob fiil mudlore’ mu’tal wawi dan mu’tal ya’I di baca jelas ( fatkhah ) sedang  selain I’rob nashob dalam fiil tiga ( mu’tal wawi , ya’I , alif ) dikira-kirakanفنحو يغزو يهتدى يخشى ختمبعلــــــة وغيره منها سلمContoh يغزو – يهتدى -  يخس yang akhirnya huruf illat dan selain lafad-lafad tersebut . di anggap selamat ( di sebut fiil bina’ salim )وعلة الاســــــماء ياء والففنحو قاض والفتى بها عرفHuruf illat kalimah isim adalah ya’dan alif sedang lafad قاض & الفتى telah di ketahui kemasukan huruf illatاعراب كل منــــــــهما مقدرفيها ولكن نصب قاض يظهرI’robnya setiap isim mu’tal ya’ & alif di kira- kirakan dengan huruf illat tetapi I’rob nashobnya . lafad قاض  dijelaskanوقدروا ثلاثــــــــــة الاقسامفى الميم قبل الياء من غلامىOrang arab mengira-ngirakan tiga I’rob ( rofa’ , nashob , jer ) pada huruf mim yang jatuh sebelum ya’nya lafad غلامىوالواو فى كمسلمى اضمرتوالـــــــــــنون فى لتبلون قدرتWawu pada lafad seperti مسلمت  di simpan sedang نون  pada lafad لتبلون di kira-kirakanفصلالمعربات كلها قد تعرببالحركات او حروف تقربSemua kalimah mu’rob di I’robi dengan harokat / dengan hurufفاول القسمين منها اربعوهى التى مرت بضم ترفعBagian pertama dari kalimah mu’rob ( yang di tandai dengan harokat ) ada 4 . yaitu di tandai dengan dhomah , ketika di baca rofa’وكل ما بضـــــمة قد ارتفعفنــــــصبه بالفتح مطلقا يقعSemua kalimah di semua tanda rofa’nya dengan dhomah , maka nashobnya memakai fatkhah secara mutlaqوخفض الاسم منه بالكسر التزموالفعل منه بالسكون منجزمTanda jernya isim ( yang demikian ) selalu di tandai dengan kasroh ,sedang jazemnya kalimah fiil di tandai dengan sukunلكن كهندات لنصبه انكسروغير مصروف بفتحة يجرAkan tetapi isim seperti lafad هنذات( jama’ muanassalim ) di baca kasroh ketika nashob dan isim qhoru munshorif di baca fathah ketika di jerkanوكل فعل كان معتلا جزمبــــحذف حرف علة كما علمSemua fiil mu’tal ketika di jazemkan di tandai dengan membuang huruf illat والمعربات بالحروف اربعوهى المـــــثنى وذكور تجمعIsim-isim mu’rob yang di tandai dengan huruf ada 4 yaitu isim tasniyah dan jama’ mudhakarجمعا صحيحا كالمثال الخالوخمــــــسة الاسماء والافعالDengan jama’ shoheh seperti yang lalu dan asmaul khomsah dan af’alul khomsahاما المثنى فلرفعه الالفونصبه وجره بالياعرفAdapun isim tasniyah tanda rofa’nya dengan alif , ketika nashob dan jernya di tandai dengan ya’وكالمثنى الجمع فى نصب وجرورفعه بالواو مر وستقرSeperti halnya isim tasniyah adalah jama’ mudhakar salim ketika tingkah nashob & jer . sedang I’rob rofa’nya memakai wawu والخمسة الاسما كهذاالجمع فىرفع وخفض وانصبن بالالفAsmaul khomsah juga seperti jama’ mudhakar salim ketika di baca rofa’ dan jer , namun nashobkanlah dengan tanda alifوالخمسة الافعال رفعها عرفبنونها وفى سواه تنحذفAf’alul khomsah tanda rofa’nya memakai nun dan selain rofa’ di tandai dengan terbuangnya nunباب المعرفة والنكرةوان ترد تعريف الاسم النكرةفهو الذى يقــــــبل ال مؤثرةBila kamu ingin mengetahui pengertian isim nakiroh maka pengertianya adalah isim yang bisa menerima ال muats siroh ( berpengaruh )وغيره معارف وتــــــحصرفى ستة فالاول اسم مضمرSelain isim nakiroh disebut isim ma’rifat dan di bagi 6 yang pertama isim dhomir يكنى به عن ظاهر فينتمىللغيــــــب والحضور والتكلمYaitu isim yang di buat kinayah dari isim dlomir : maka isim dlomir ada yang menunjukan ghoib , hadlir dan takalum وقســـــــــموه ثانيا لمتصلمســـــــــتتر اوبارز اومنفصلMereka ahli nahwu membagi dhomir menjadi 2 yaitu dlomir muttasil mustatir dan muttasil baris serta dlomir munfasilثانى المعارف الشهير بالعلمكجـــــــــعفر ومكـــة وكالحرمYang kedua isim ma’rifat adalah isim alam seperti lafad جعفر -  مكه - الحرموام عــــــــــمرو وابى سعيدونـــــحو كهف الظلم والرشيدام عمرو – ابىسعيد – كهف الظلم – الرشيدفـــــــما اتى منه بام او بابفكنـــية وغيره اســـــم او لقبLafadz yang di sandarkan pada lafad اب \ ام maka disebut alam kun-yah selain itu di sebut alam asma / laqobفما بمــــــــدح او بذم مشعرفـــــلقب والاســم مالا يشعرIsim yang menunjukan sanjungan / hinaan di sebut alam laqob sedang alam asma tidak menunjukan ( makna hinaan / sanjungan )ثالثـــــــــها اشارة كذا وذىرابـــعها موصول الاسم كالذىYang ke tiga dari isim ma’rifat adalah isim isyaroh seperti lafad ذا dan ذى yang ke empatnya isim ma’rifat adalah isim maushul seperti lafad الذىخامســـــها معرف بحرف الكمــــا تقول فى محل المحلYang ke lima isim ma’rifat adalah isim yang di ma’rifatkan dengan huruf ال sebagai mana ucapan kamu pada lafad محل menjadi المحل سادسها ماكان من مضافلواحد من هذه الاصنافYang ke enam isim ma’rifat adalah isim yang di mudhofkan pada salah satu golongan isim ma’rifad di atasكقولك ابنى وابن زيد وابن ذىوابن الذى ضربته وابن البذىSeperti ucapanmu ابنى-ابن زيد-ابن ذى-ابن الذى-ابن البذىباب الافعالافعالــــــهم ثلاثة فى الواقعماض وفعل الامر والمضارعFiil menurut mereka ( ulama’ nahwu ) di bagi 3 yaitu fiil madhi , amar , mudlore’فالماضى مفتوح الاخير ان قطععن مضمر محرك به رفعFiil madhi di baca fathah huruf akirnya jika terputus dari dhomir mahal rofa’ mutaharikفان اتى مع ذاالضمير سكناوضمه مع واوجمع عيناJika fiil madhi bertemu dengan dlomir rofa’ mutaharik , maka di baca sukun dan jika bertemu wawu jama’ maka tentu di baca dhomahوالامر مبنى على السكوناو حذف حرف علة اونونFiil amar hukumnya mabni sukun / membuang huruf illat / nun ( alamat Rofa’ )وافتتحو مضارعا بواحدمن الحروف الاربع الزوائدMereka meletakkan salah satu huruf ziadah yang berjumlah 4 pada permulaan fiil mudhori’همز ونون وكذا ياء وتايجمعها قولى انيت يا فتىYaitu huruf hamzah , nun , ya’ ,dan ta’ yang berkumpul dalam ucapan انيت    وحيث كانت فى رباعى تضموفتحها فيما سواه ملتزمSekira fiil mudhori’ itu dari fiil ruba’I maka huruf mudhori’nya didhomah , jika tidak berbentuk ruba’i maka huruf mudhori’nya wajib di baca fathahباب اعراب الفعلرفع المضارع الذى تجرداعن ناصــــــب وجازم تأبداRofanya Fiil mudlori’ yang sepi dari amil yang menashobkan dan yang menjazemkan itu abadi ( selamanya )فانصب بعشر وهى ان ولن وكىكذا اذن ان صدرت ولام كىNashobkanlah fiil mudlori’ dengan 10 amil yaitu لام كيى ( bila di buat permulaan kalam) ان -  لن -  كى -  اذنولاجــــحد وكذا حتى واو103والواو والفافى جواب قد عنوافاء -  واو -  او -  حتى -  لام جحود  ( yang di maksudkan untuk jawab )به جوابا بعد نفى او طلب104كلا ترم علما وتترك التعبSebagai jawab jatuh setelah nafi / tholab , seperticontoh : علماوتترك التعب  لاترموجزمه بلم ولما قد وجبولا ولام دلتا على الطلبJazemnya fiil mudhore’ dengan adanya لام , لا , لما , لم yang menunjukan makna tholabكذاك ان وما ومن واذمااى متى ايان اين مهماDemikian juga مهما -  اين -  ايان  -  مت  -  اى -  اذما -  من  -  ما  -  انوحيثـــــــــــما وكيفما وانىكان يقم زيد وعمرو قــــــمناانى -  كيفما  -  حيثما Seperti contoh : ان يقم زيد وعمرو قمناواجزم بان وما بها قد الحقافعلين لفظا او محــــــلا مطلقاJazemkanlah kedua fiil dengan   ان dan lafadz- lafadz yang di samakan denganya baik jazem secara lafadz maupun mahall secara mutlaqوليقترن بالفا جواب لو وقعبعد الاداة موضع الشرط امتنعSertakan jawab dengan fa’ jika perabotnya terhalang dari tempatnya syaratباب مرفوعات الاسماءمرفوع الاسما سبعة تأتى بهامعلومة الاسماء من تبويبهاIsim yang di baca rofa’ ada 7 yang akan aku datangkan dengan keterangan dari tiap babnyaفالفاعل اسم مطلقا قد ارتفعبفعله والفــــــــعل قبله وقعIsim fiil di baca rofa’ secara mutlaq oleh fi’ilnya yang terletak sebelum fa’ilوواجب فى الفعل ان يجردااذا لجمـــع او مثنى اسنداWajibnya fiil itu disunyikan ( mufrod ) ketika di sandarkan pada fa’il terbentuk jama’   / tasniyahفقل اتى الزيدان والزيدونكجـــــــاء زيد ويجى اخوناMaka ucapan جاءزيد -  يحيىاخونا  \  اتى الزيدان والزيدونوقسموه ظاهرا ومضمرافالظاهر اللفظ الذى قد ذكراPara ahli nahwu membagi fail menjadi 2 yaitu fail isim dhohir dan fail isim dhomir , adapun fail isim dhohir adalah lafadz yang sudah disebutkanوالمضمر اثنا عشرنوعا قسماكقمت قمنا قمت قمت قمتماIsim dhomir ada 12 bagian seperti قمت -  قمنا -  قمت -  قمت -  قمتماقمتن قمتم قام قامت قاماقاموا وقمن نحو صمتم عاما  قاموا وقمن نحو صمتم عام قمتن قمتم قام قامت قاماوهذه ضــــــــمائر متصلةومثاها الضمائر المنفصلةIni adalah isim dlomir muttsil seperti dlomir muttasil yaitu dlomir munfasilكلم يقــــــــــم الا انا وانتموغـــــــــير ذين بالقياس يعلمSeperti         لم يقم الا انتم  \  لم يقم الاانا   dan selain kedua contoh ini bisa di ketahui kiasnyaباب نائب الفاعلاقم مقام الفاعل الذى حذفمفــــــــعوله فى كل ماله عرفTempatkan maf’ul pada tempatnya fa’il yang dibuang pada setiap alasan yang telah di ketahuiاو مصدرا او ظرفااومجروراان لم تجد مفعوله المذكوراAtau masdar / dhorof / jer majrur apabila maf’ulnya yang sudah di sebut tidak ditemukan واول الفعل الذى هنا يضموكسـرما قبل الاخير ملتزمHuruf pertama fi’il di baca dhomah . dan huruf sebelum akhir wajib di kasrohفى كل ماض وهو فى المضارعمنفتـــــــح كيدعى وكادعىYaitu dalam fiil madhi dan dalam fiil mudlori’ huruf sebelum akhir dibaca fathah contoh : ادعى \ يدعىواول الفعل الذى كباعامنكسر وهو الذى قد شاعاHuruf pertamanya fi’il semisal  باع   ( mu’tal ain ) di baca kasroh ini adalah pendapat yang mashurوذاك اما مضمر او مظهرثانيهــــــما كيكرم المبشرNaibul fa’il ada kalanya berupa isim dlomir adakalnya isim dhohir contoh : yang kedua ( isim dhohir ) seperti يكرم المبشراما الضمير فهو نحو قولنادعيت ادعى مادعى الا اناAdapun isim dlomir adalah seperti ucapan kita دغيت , ادعى . مادعى الااناباب المبتدا والنكرةالمبتدااســـــــــــم رفعه مؤبدعن كل لفــــــظ عامل مجردMubtada’ adalah isim yang di baca rofa’ selamanya , dan di sunyikan dari amil lafdhiوالخبر اسم ذواارتفاع اسندامطابقا فى لفــــــــظه للمبتداKhobar adalah isim yang di baca rofa’ yang di sandarkan pada mubtada’ dengan menyesuaikan lafadznya كقولنا زيد عظــيم الشانوقولنا الزيدان قائــــــــــمانSeperti ucapan kita زيد عظيم الشان – الزيدان قائمانومثله الزيدون قائمـــــــونومنه ايضـــــــا قائم اخوناDan seperti قائم اخونا  dan lagi    الزيدون قائمونوالمبتدااسم ظاهر كما مضىاو مضمر كانت اهل للقضاMubtada’ adakalanya berupa isim dhohir seperti contoh yang lalu dan ada yang berupa isim dlomir seperti    انت اهل للقض ولا يجوز الابتدا بما اتصلمن الضمير بل بكل ماانفصلTidak boleh membuat mubtada’ dari dhomir muttasil tetapi boleh dari dlomir munfasilانا ونـــــــحن انت انت انتماانتن انتم وهو وهى هم هماوهن ايضا فالجميع اثنا عشروقد مضى منها مثال معتبرDan  هن semua berjumlah 12 sedang contohnya sudah di jelaskan pada pembahasan dahuluومفردا وغيره يأتى الخبر134فالاول اللفظ الذى فى النظم مرKhobar ada yang berbentuk mufrod dan qhoiru mufrod yang pertama ( khobar mufrod ) adalah lafadz yang sudah di sebutkan dalam nadhom yang sudah laluوغيره فى اربع محصورلا غير وهى الظرف والمجرورKhobar ghoiru mufrod di ringkas menjadi 4 tidak lebih yaitu dhorof – jer majrurوفاعل مع فعله الذى صدروالمبتدامع ماله من الخبرFa’il dengan fiilnya dan mubtada’ dengan khobarnyaكانت عندى والفتى بدارىوابنى قرا وذا ابوه قارىكان واخواتهاارفع بكان المبتدااسما والخبربهاانصبن ككان زيد ذا بصرRafa’kanlah mubtada’dengan كان  sebagai isimnya dan nashobkan khobarnya dengan-nya seperti contoh كان زيد ذابصر  ( Zaid mempunyai penglihatan )كذاك اضحى ظل بات امسىوهكذا اصــــــــــبح صار ليساSebagaimana كان  adalah : اضحى ظل بات امسى selanjutnya اصبح صار ليسافتئى وانفك وزال مع برحاربعها من بعد نفى تتضحفتئى وانفك وزال مع برح lafadz empat ini dijelaskan setelah nafiكذاك دام بــــــعدما الظرفيهوهى التى تكون مصدريهSebagaimana كان   juga lafadz دام  yang jatuh setelah ما الظرفية   yaitu ما yang menjadi ta’wilnya masdarوكل ماصرفته مما سبقمن مصدر وغيره به التحقDan semua lafadz yang kamu tashrif dari lafadz yang sudah disebutkan baik dari masdar atau selainya itu samakan ( dikategorikan  hukumnya )ككن صديقا لاتكن مجافياوانظر لكونى مصبحا موافياSeperti contoh nadhom diatasان واخواتهاتنصب ان المبتدااسما والخبرترفــــــــعه كان زيدا ذونظران  menashobkan mubtada’ sebagai isimnya dan merofsa’kan khobar ( nya mubtada’ ) contoh ان زيدا ذونظر : sesungguhnya zaid mempunyai penglihatanومثل ان ان ليت فى العملوهكذا كان لكن لـــــــعلSeperti halnya ان  dalam pengalamanya adalah ان, ليت dan juga كان لكن لعلواكدواالمـــــــــعنى بان اناوليت من الفاظ من تمنىDan mereka ( ahli nahwu ) mengukuhkan makna dengan lafadz ان,ان  dan afadz ليت  termasuk lafadznya orang yang mengharap ( sesuatu yang muhal )كان للتشبيه فى المحاكىواستــــعملوالكن فىاستدراكLafadz كان untuk penyerupaan didalam pembicaraan dan mereka ( ahli nahmu ) menggunakan lafadz لكن   untuk faedah istidrok ( penyisipan )ولــــــــــــترج وتوقع لعلكقولهم لعل محبوبى وصلDan lafadz la’alla untuk faedah tarajji atau tawaqu’ seperti perkataan orang arab                ( mudah – mudahan kekasihku datang )                      ظن واخواتهاانصب بظن المبتدامع الخبروكل فــــعل بعدها على الاثرNashobkanlah mubtada’ & Khobar dengan ظن   dan dengan semua fi’il setelah ظن   yang mengikutiكخلته حســــــبته زعمتهرايته وجـــــــــــدته علمتهSeperti خلته حسبته زعمته رايته وجدته علمتهجــــــــعلته اتخذته وكل مامن هذه صــــــــرته فليعلماجعلته اتخذته dan semua fi’il – fi’il yang  telah anda tasrif, maka ketahuilahكقولهم ظننت زيدا منجداواجعل لنا هذا المكان مسجداseperti ucapan orang arab “ظننت زيدا منجدا “( aku telah menduga zaid telang menolong ) - واجعل لنا هذا المكان مسجدا   ( jadikan untukku tempat ini sebagai masjid )باب النعتالنعت اما رافع لمضمريعود للمنعوت او لمظهرNa’at itu adakalanya merafa’kan pada isim dlamir ( yang disembunyikan yaitu na’at haqiqi ) yang kembali pada man’utnya atau merafa’kan isim dhahirفاول القسمين منه اتبعمنعوته من عشرة لاربعYang pertama dari dua bagian itu, ikutkanlah man’utnya terhadap empat hal dari sepuluh perkaraفى واحد من اوجه الاعرابمن رفع او خفض او انتصابPada salah satu dari segi I’robnya yaitu rafa’ atau jer atau nashobكذا من الافراد والتذكيروالضد والتعريف والتنكيرDemikian halnya dari segi mufrod ( satuanya ) dan mudzakarnya, dan lawan dari keduanya serta dari segi ma’rifat dan nakirohnyaكقولنا جاء الغلام الفاضلوجاء معه نسوة حواملSeperti ucapan kita “جاء الغلام الفاضل” ( telah datang anak muda yang utama ) وجاء معه نسوة حوامل ( dan datang bersamanya para wanita hamil )وثانى القسمين منه افردوان جرى المنعوت غير مفردYang nomor dua dari dua bagian itu ( na’at sababi )’mufradkan na’at walaupun man’utnya berlaku tidak mufradواجعله فى التأنيث والتذكيرمطابــــــــــــقا للمظهر المذكورJadikanlah ( na’at sababi )muanats dan mudzakarnya sesuai isim dhohirnya yang telah disebutمثـــــــاله قد جاء حرتانمنــــــــــــطلق زوجهما العبدانContohnya na’at ( sababi ) منطلق زوجهما العبدان قد جاء حرتان ( sungguh telah datang dua wanita merdeka yang kedua suaminya sebagai hamba telah pergi )ومثله اتى غلام سائلةزوجته عن دينها المحتاج لهDan semisalnya contoh :  باب العطفواتبعواالمعطوف بالمعطوفعليه فى اعرابه المعروفIkutkanlah oleh kalian, ma’tuf dengan ma’tuf alaihnya dalam hal I’rob yang telah diketahuiوتستوى الاسماء والافعال فىلتباع كل مثـــله ان يعطفSama antara kalimah isim dan fi’il dalam hal itba’ apabila di athofkan pada sejenisnyaبالواو والفا او وام وثماحتى وبل ولا ولكن امــــــــــاDengan huruf wawu, fa’, au, am, tsumma, hatta, bal, la, lakin, immaكجاء زيد ثم عمرو اكرمزيدا وعمرا باللقا والمطعمSeperti contoh : جاء زيد ثم عمرو (zaid telah datang kemudian umar )اكرم زيدا وعمرا بالقا والمطعم   (muliakanlah zaid dan umar dengan pertemuan dan hidangan )وفئة لم يأكل او يـــــــحضرحتى يفوت او يزول المنكرباب التوكيدوجائز فى الاسم ان يؤكدافيتبع المؤكد المؤكداKalimah isim boleh dikukuhkan dan lafadz yang mengukuhkan mengikuti lafadz yang dikukuhkanفى اوجه الاعراب والتعريف لامنــــــــــكر فعن مؤكد خلاDalam semua segi I’rob dan ma’rifatnya, tidak dinakirahkan karena ia terbebas dari lafadz yang mengukuhkanولفظه المشهور فيه اربعنفــــــس وعين ثم كل اجمعLafadz taukid yang terkenal ada empat yaitu nafsun, ainun, kullun, ajmaunوغـــــــيرها توابع لاجمعامن اكتــــــع وابتع وابصعاSelainnya mengikuti lafadz ajma’un yaitu lafadz akta’a, abta’a, absho’aكجاؤ زيد نفسه وقل ارىجيـــــــش الامير كله تأخراجاء زيد نفسه   )zaid datang sendiri ) ارى جيش الامير كله تأخر  )saya melihat pasukan raja semuanya mundur )وطفت حول القوم اجمعينامتبوعة بنـــــــــحو اكتعيناوطفت حول القوم اجمعينا   ( aku keliling mengitari kaum semuanya ) dengan diikuti lafadz اكتعينوان تؤكد كلمة اعد تهابلفظها كقولك انتهى انتهىapabila kamu membuat taukid dari kalimah maka ulangilah lafadz  itu seperti ucapanmu : انتهى انتهىباب البدلاذااسم اوفعل لمثله تلاوالحكم للثانى وعن عطف خلاApabila isim  atau fi’il mengikuti lafadz yang semisalnya dan hukum untuk lafadz yang kedua dan disepikan dari huruf athofفاجعله فى اعرابه كالاولملقـــــــــــــبا له بلفظ البدلMaka jadikanlah I’rabnya seperti ( mengikuti ) lafadz yang pertama dengan lafadz badal sebagai julukanyaكل وبعض واشتمال وغلطكذاك اضراب فبالخمس انضبطYaitu badal kullun ( semua ) ba’dlun ( sebagian ) isytimal ( tercakup ) gholath ( keliru ) demikian badal idrob, maka badal terbagi limaكجاءنى زيد اخوك واكلعندى رغيفا نصفه وقد وصلSeperti جاءنى زيد اخوك ( telah datang zaid kepadaku yakni saudaramu )              اكل عندى رغيفا نصفه  ( auku makan roti yang ada didekatku yakni separuhnya )الى زيد علمه الذى درسوقد ركبت اليوم بكر الفرسوقد وصل الى زيد علمه   ( telah sampai zaid kepadaku yakni ilmunya ) قد ركبت اليوم بكرا الفرس   ( sungguh hari ini aku naik Bakar yakni kuda )ان قلت بكرا دون قصد فغلطاو قلته قصدا فاضراب فقطApabila kamu mengatakan Bakar tanpa sengaja maka dinamakan badal gholad atau kamu mengatakan Bakar dengan sengaja maka badal idlrobوالفعل من فعل كمن يؤمن يثبيدخل جنانا لم ينل فيها تعبdan ( membuat  ) badal fi’il dari mubdal minhu fi’il seperti   من يؤمن يثب يدخل جنانا لم ينل فيها تعب  ( barang siapa beriman maka diberi pahala yakni dimasukkan surga tidak ada kesulitan didalamnya باب منصوبات الاسماءثلاثة من سائر الاسماء خلتمنصوبة وهذه عشر تلتTiga dari isim isim yang sudah disebutkan diatas ( yakni khabar kana – isimnya inna – maf’ul dhonna ) itu dinashobkan dan berikut ini yang sepuluh lagiوكلها تأتى على ترتيبهاولها فى الذكر مفعول بهDan semuanya akan disebutkan secara urut yang pertama disebutkan adalah maful bihوذالك اسم جاء منصوبا وقععليه فعل كاحذروااهل الطمعMaf’ul bih itu adalah isim yang dibaca nashob yang menjadi sasaran perbuatan, seperti احذروا اهل الطمع  ( takutlah pada ahli tamak )فى ظاهر ومضمر قد انحصروقد مضى التمثيل للذى ظهرMaf’ul bih terbagi menjadi maf’ul bih isim dhohir dan maf’ul bih isim dhomir, dan contoh maf’ul bih isim dhohir sudah laluوغيره قسمان ايضا متصلكجاءنى وجاءنا ومنفصلSelain maf’ul bih isim dhohir ( yakni maf’ul bih isim dlomir ) ada dua bagian lagi yaitu maf’ul bih isim dlomir muttasil seperti جأنى , جأنا   dan maf’ul bih dlomir munfasilمثــــــــــاله اياى او اياناحيــــــيت اكرم بالذى حياناContohnyaوقس بذين كل مضمر فصلوباللذين قــــــــبل كل متصلKiaskan dengan dua contoh ini pada maf’ul bih dlomir munfasil dan dengan dua contoh sebelumnya pada maf’ul bih dlomir muttasilفكل قسم منهما قد انحصرماجاء من انواعه فى اثنى عشرmaka tiap – tiap dua bagian terbagi menjadi  12 macamباب المصدروان ترد تصريف نحو قامافقل يــــقوم ثم قل قيامافما يجىء ثالثا فالمصدرونصـــــــبه بفعله مقدرApabila kamu hendak men-Nashrif misalnya lafadz Qaama maka ucapkan yaquumu ( fi’il mudlari’ ) kemudian ucapkan qiyaman ( masdarnya ), maka lafadz yang nomor urut tiga dinamakan masdar, sedangkan masdar dinashobkan oleh fi’ilnya yang dikira - kirakanفان يوافق فعله الذى جرىفى اللفظ والمعنى فلفظيا يرىApabila masdar sesuai dengan fi’ilnya didalam lafadz dan maknanya maka dinamakan masdar lafdziاو وافق المعنى فقط وقد روىبغير لفظ الفعل فهو معنوىAtau sesuai maknanya saja yakni tidak sesuai dengan lafadz fi’ilnya maka dinamakan masdar maknawiفقم قياما من قبيل الاولوقم وقوفا من قبيل مايلىmaka ucapkan فقم قياما dari golongan pertama ( yakni masdar lafdzi )dan وقم وقوفا dari golongan yang mendekati ( kedua yakni masdar maknawi )باب الظرفهو اسم وقت او مكان انتصبكل على تقدير فى عبد العربDhorof adalah nama bagi sebuah waktu atau tempat yang dibaca nashob yang semua dengan mengira ngirakan maknanya “ fi “menurut orang arabاذااتى ظرف المكان مبهماومطلقا فى غيره فليعلماApabila menunjukan tempat yang disamarkan itu disebut dhorof makan dan dan selain ( baik yang mubham atau muhtash ) tu secara mutlaq bisa di terkib dhodofوالنصب بالفعل الذى به جرىكسرت ميلا واعتكفت اشهراDhorof dinashobkan oleh fiil yang maknanya berlaku pada dhorof tersebut seperti lafadz : سرت ميلا   saya berjalan 1 mil – dan lafadz اعتكفت اشهرا   saya I’tikaf dalam satu bulanاو ليلة او يوما او سنينااو مدة او جمعة اوحيناAtau ( saya I;tikaf ) di malam hari atau ( saya I’tikaf ) disiang hari atau ( saya I’yikaf ) pada beberapa tahun atau sebagian masa atau satu jum’ah ( seminggu ) atau suatu masaاو قم صباحا اومساء او سحراو غدوة اوبكرة الى السفرAtau : berdirilah diwaktu pagi atau disore hari atau diwaktu sahur atau dipagi hari atau dipagi pagi benar sampai waktu bepergianاو ليلة الاثنين او يوم الاحداوصم غدا او سرمدا او الابدAtau malam Senin atau hari Ahad atau puasalah pada  hari esok atau selamanyaواسم المكان نحو سر امامةاو خــــــــــلفه وراءه قدامهIsim dhorof makan contohnya : berjalanlah didepanya atau dibelakangnya atau didepanyaيمينه شـــــــــــماله تلقاءهاو فــــــــوقه او تحته ازاءهDisisi kananya atau disisi kirinya dihadapanya atau diatasnya atau di bawahnya atau dihadapanyaاو معه او حذاءه او عندهاو دونه او قبله او بعدهAtau bersama dia atau disisinya atau didekatnya atau arah bawahnya atau sebelumnya atau sesudahnyaهناك ثم فرســــــــخا بريداوههنا قف موقف سعيدا( berjalanlah ) هناك : di sana  ثم   : di sana ( jarak ) satu pos     ( kira – kira 12.000 langkah ) satu barid ( = 4 pos ) dan di tempat ini diamlah pada tempat tinggal sebagai orang yang beruntungباب الحالالحال وصف ذو انتصاب اتى مفســـــرا لمبهم الهياتHal adalah isim sifat yang dibaca nashob yang menjelaskan keadaan ( shohibul hal ) yang belum jelasوانما يؤتى به منـــــــــكراوغالبا يؤتى به مؤخراDan hal itu didatangkan berupa lafadz yang dinakirohkan dan umumnya hal didatangkan di akhirkanكجاء زيد راكبا ملفوفاوقد ضربت عبده مكتوفاSeperti contoh : جاء زيد راكبا ملفوفا   ( zaid datang dengan berkendara dan berselimut ) dan contoh ( sungguh aku memukul hamba sahayanya zaid yang terikat )وقد يجىء فى الكلام اولاوقد يجىء جامدا مؤولاHal terkadang berada di awal kalam dan terkadang berupa isim jamid yang dita’wil ( dengan isim mustaq nya )وصاحب الحال الذى تقررامعرف وقد يجىء منكراDan shohibul hal itu ditetapkan dari isim ma’rifat dan terkadang juga berupa isim nakirohباب التمييزتعريفه اسم ذوانتصاب فسرالنسبة او ذات جنس قدراDefinisi tamyiz adalah isim yang dibaca nashob yang menjelaskan nisbat atau dzat suatu jinis yang masih samarكانصب زيد عرقا وقد علاقدرا ولكن انت اعلى منزلاContoh = Zaid bercucuran keringatnya – Zaid tinggi derajadnya – tetapi lebih tinggi kamu derajatnyaوكااشتريت اربعا نعاجااو اشتريت الف رطل ساجاSaya membeli 4 ekor kambing – saya membeli seribu kati kayu jatiاو بعـــــــــــته مكيلة ارزااو قدرباع او ذراع خزاAtau = saya menjual padanya satu takar beras – atau kira kira satu depa atau satu hasta suteraوواجب التمييز ان ينكراوان يكون مطلقا مؤخراTamyiz wajib di nakirohkan dan mutlak di akhirkanباب الاستـــثــناءاخرج به من الكلام ماخرجمن حكمه وكان فى اللفظ اندرجKeluarkanlah ( kecualikan ) dengan huruf istisna’ dari kalam yang dikecualikan dari hukumnya dan itu termasuk pada lafadznyaولفظ الاستثناالذى له حوىالا وغير وسوى سوى سواYang tergolong huruf istisna’ adalah  الا وغير وسوى سوى سواخلا عدا حاشا فمع الا انصبمااخرجت من ذى تمام موجبخلا عدا حاشا  maka mustasna ( lafadz yang dikecualikan ) dengan perabot الا  apabila dari kalam tam dan mujab maka wajib dibaca nasobكقام كل القوم الا واحداوقد رايت القوم الا خالداContoh :  قام كل القوم الا واحدا   ( semua kaum berdiri kecuali satu orang ) - وقد رايت القوم الا خالدا  ( saya telah melihat semua kaum kecuali zaid )وان يكن من ذى تمام انتفىفابدلن والنصب فيه ضعفاApabila mustasna ( dengan الا ) di dalam kalam yang tam dan manfi maka jadikanlah badal dari mustasna minhu atau dibaca nashob ( tarkib istisnaiyah ) tetapi hukumnya lemahهذااذااستثنيته من جنسهوما سواه حكمه بعكسهPerincian tersebut apabila antara mustasna dan mustasna minhu itu sejenis ( Muttasil ) sedang selainya ( munqoti’ ) hukumnya sebaliknyaكلن يقوم القوم الا جعفروالنصب فى الا بعيرا اكثرContoh : لن يقوم القوم الا جعفر  ( semua kaum tidak berdiri kecuali Ja’far ) sedang membaca nashob didalam lafadz الا بعيرا   ( istisna’ Munqoti’ ) itu hukumnya lebih banyakوان يكن من ناقص فالاقد الغيت والعامل استقلاApabila mustasna dengan الا di dalam kalam yang naqis maka الا hukumnya di ilgho’kan ( tidak beramal menashobkan ) dan amilnya sendiri yang langsung beramalكلم يقم الا ابــــــوك اولاولا ارى الا اخـــــاك مقبلاContoh : لم يقم الا ابوك اولا tidak berdiri kecuali ayahmu -  ولا ارى الا اخاك مقبلا  tidak aku lihat kecuali saudaramuوخفض مستثنى على الاطلاقيجوز بعد السبعة البواقىMustasna yang jatuh setelah salah satu perabot istisna’ yang tujuh berikut ini secara mutlak boleh dibaca jer ( menjadi mudhof ilaih )والنصب ايضا جائز لمن يشابما خلا وما عدا وما حشاDan bagi orang yang ingin membaca nashob juga boleh apabila jatuh setelah perabot ما خلا وما عدا وما حشاباب لا العاملة عمل انوحكم لا كحكم ان فى العملفانصب بها منكرا بهااتصلHukumnya لا itu seperti hukumnya ان   didalam pengamalanya, maka nashobkanlah dengan memakai لا  pada isim nakiroh yang bertemu langsung dengan لامضافا اومشابه المضافكلا غــــــــلام حاضر مكافىBaik berupa mudhof atau serupa mudhof, contoh :                 لا غلام حاضر مكافى  ( tidak ada lelaki muda yang hadir yang sederajatلكن اذا تكررت اجريتهاكذاك فى الاعمال او الغيتهاTetapi jika لا   di ulang ulang yang isimnya berupa mudhof atau sibeh mudhof maka hukum لا ada dua wajah yaitu beramal atau tidak beramal ( ilgho’ )وعند افراداسمها الزم البنامركـــــــــبا اورفعه منوناDan ketika isimnya لا berupa isim mufrod ( bukan mudhof atau serupa mudhof ) maka dimabnikan seperti halnya terkeb ( خمسة عشر ) atau dibaca rofa’ dengan tanwinكلا اخ ولا اب فانصب اباايضا وان ترفع اخا لاتنصباSeperti lafadz : لا اخ ولا اب  maka juga bisa nashobkan lafadz ابا  ( yang kedua ) dan apabila lafadz اخا kamu rofa’kan maka jangan menashobkan lafadz اباوحيث عرفت اسمها او فصلافارفع ونون والتزم تكرارلاDan sekira kamu mema’rifatkan isimnya لا   atau dipisah        ( antara لا  dengan isimnya ) maka rofa’kanlah isimnya dan ditanwin serta لا wajib diulangكلا على حاضر ولا عمروولالنا عــــــــــبد ولامايدخرSeperti لا على حاضر ولا عمرو ( tidaklah Ali datang dan tidak pula umar itu datang ) - ولالنا عبد ولامايدخر  ( kita tidak punya budak dan juga tidak punya sesuatu yang disimpan )باب النداءخمس تنادى وهى مغرد علمومفرد منكر قصدا يؤمIsim munada ada lima yaitu : mufrod ‘alam – mufrod nakiroh maqsudahومفرد منــــــــــــكر سواهكذاالمضاف والذى ضهاهMufrod nakiroh ghoiru maqsudah – munada mudhof dan munada serupa mudhofفالاولان فيهما البنا لزمعلى الذى فى رفع كل قد علمDua munada yang awal ( mufrod alam dan nakiroh maqsudah )wajib dimabnikan sesuai tanda rofa’nya yang sudah diketahuiمن غير تنوين على الاطلاقوالنصب فى الثلاثة البواقىYaitu tidak ditanwin secara mutlaq adapun 3 munada yang lain di baca nashobكيا على ياغلامى بى انطلقياغافلا عن ذكر ربه افقContoh : يا على ياغلامى بى انطلق ( Munada mufrod alam : Hai Ali ) ياغلامى بى انطلق  ( Munada nakiroh maqsudah : Hai Pemuda pergilah denganku ) -ياغافلا عن ذكر ربه افق  (Munada nakiroh ghoiru maqsudah : Hai orang yang lupa tuhan-nya ! inagtlah )ياكاشف البــلوى ويااهل الثناويالطيفا بالعباد الطف بناياكاشف البلوى ويااهل الثنا ( Munada Mudhof : Hai dzat yang menghilangkan musibah ) – Hai ahli terpuji - ويالطيفا بالعباد الطف بنا ( Munada serupa mudhof :hai dzat yang mengasihi para hamba-Nya, kasihanilah kami )باب المفعول لاجلهوالمصدر انصب ان اتى بيانالعلة الفعل الذى قد كاناNashobkanlah masdar yang didatangkan untuk menjelaskan sebab suatu pekerjaan yang dilakukan ( adalah definisi maf’ul liajlih )وشرطه اتخاده مع عاملهفيما له من وقته وفاعلهSyaratnya maf’ul li ajlih adalah : antara masdar dan amilnya sama didalam waktunya dan sama didalam failnyaكقم لزيد اتـــــــــقاء شرهواقصد عليا ابتغاء بره
Contoh : قم لزيد اتقاء شره ( berdirilah ( untuk hormat ) kepada Zaid karena menjaga keburukanya -               واقصد عليا ابتغاء بره ( menujulah kepada ali untuk mencari kebaikanyasباب المفعول معهتعريفه اسم بعد واو فسرامن كان معه فعل غيره جرىDefinisi maf’ul ma’ah adalah : kalimah isim ( yang dibaca nashob ) yang terletak setelah wawu ( maiyah ) yang menjelaskan orang atau sesuatu yang pekerjaan orang lain itu bersamaan denga orang atau sesuatu tersebutفانصبه بالفعل الذى به اصطحباو شبه فعل كاستوى الماوالخشبNashobkanlah maf’ul ma’ah denagn fi’il yang menyertainya atau dengan lafadz yang menyerupai fi’il contoh          : استوى الماوالخشب ( air itu naik bersamaan kayu pengukurnya )وكالامير قادم والعسكراونحو سرت والامير للقرىContoh : الامير قادم والعسكرا ( Raja itu datang bersamaan tentaranya ) –سرت والامير للقرى ( Saya berjalan bersamaan raja ke desa desa )باب محفوضات الاسماءخافضها ثلاثة انواعالحرف والمضاف والاتباعYang mengejerkan kalimah isim ada 3  yaitu : huruf jer – Mudhof – tabi’ lil majrurاما الحروف ههنا فمن الىباء وكاف فى ولام عن علىAdapun huruf jer di bab ini adalah :  من- الى -  باء -  وكاف -  فى  -  ولام -  عن علىكذاك واو باوتاء فى الحلفمذ منذ رب واو رب المنحذفDemikian juga Wawu – Ba’ – Ta’ ( untuk sumpah ) مذ منذ  dan واو رب yang dibuangكسرت من مصر الى العراقوجئت للمحبوب باشتياقContoh : سرت من مصر الى العراق  ( saya berjalan mulai negeri Mesir sampai negeri Iraq ) جئت للمحبوب باشتياق ( aku datang kepada kekasih dengan / sebab hati yang sangat gembira )باب الاضافةمن المضاف اسقط التنويناونونه كاهــــــــلكم اهلوناBuanglah tanwin atau nun-nya mudhof seperti contoh      اهلكم -  اهلوناواخفض به الاسم الذى له تلاكقاتـــــلاغلام زيد قتلاJerkanlah dengan mudhof pada isim yang terletak setelahnya ( Mudhof ilaih ) contoh : قاتلاغلام زيد قتلا ( dua orang yang membunuh anaknya Zaid telah dibunuh )وهو على تقدير فى او لاماو من كمكر الليل او غلامTerkib idhofah itu mengira ngirakan makna-nya فى – لام   atau من    contoh :مكر الليل او غلام  ( tipu daya ( di dalam ) waktu malam – atau غلام زيد    ( Pembantu ( milik ) zaid )اوعبد زيد او انازجاجاوثوب خزاوكباب ساجAtau Hamba Sahaya ( Milik ) zaid – Tempat ( dari ) kaca – baju ( dari ) sutra – Pintu ( dari ) kayu Jatiوقد مضت احكام كل تابعمبسوطة فى الاربع التوابع
Hukum Tabi’ Lil Matbu’ sudah lewat dijelaskan panhjang lebar di dalam empat isim yang mengikutiفيا الهى الطف بنا فنتبعسبل الرشاد والهدى فنرتفعYa Allah ya tuhanku, curahkanlah kasih sayang kepada kami sehingga kami dapat mengikuti petunjuk  jalan kebenaran yang bisa meninggikan derajat kamiوفى جمادى سادس السبعينابعد انتها تسع من المئيناPada bulan jumadi tsani yaitu bulan ke enam hijriyah tahun 970 Hقد تم نظم هذه المقدمةفى ربع الف كافيا من احكمه
Sudah sempurnalah nadhom muqoddimah ini yang memuat seperempat ribu ( 250 ) yang sudah mencukupi bagi orang orang yang mempelajarinya dengan kokohنظم الفقير الشرف العمريطىذى العجز والتقصير والتفريطNadhomnya Al Faqir Syaih Syarafuddin Yahya Al Imrithi, Hamba Allah yang lemah – sembrono – dan melewati batasوالحمد لله مدى الدوامعلى الجزيل الفضل والانعامSegala puji selamanya bagi Allah atas anugrah dan nikmat-Nya yang agungوافضل الصلاة والتسليمعلى النبى المصطفى الكريمDan lebih utama sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada nabi terpilih dan yang muliaمحمد وصحبه والالاهل التقى والعلم والكمالYaitu Nabi Muhammad dan para sahabat dan keluarganya, mereka itu orang orang yang bertaqwa, berilmu dan memiliki kesempurnaanبسم الله الرحمن الرحيمالحــــــــمد لله الذى قد وفقاللـعلم خــــــــــير خلقه وللتقىحتى نـحت قلوبـــهم لنحوهفمن عظيـــــــــم شأنه لم تحوهSegala puji bagi ِAllah yang telah menolong hamba – hamba terbaiknya dengan ilmu dan taqwa Sehinga hati mereka menuju kepada-Nya , karena keagungan Dzat – Nya namun mereka tidak mampu mencakup - Nya                     Sholawat salam tercurah pada baginda yang mulia Nabi Muhammad SAW, yang mengentaskan ummat dari zaman onta ke zaman honda sekarang ini, semoga kita mendapat syafaat beliau Amien.                     Al Hamdulillah, Nadhom Imrithi susunan syeh Syarafuddin Yahya yang kami terjemah sudah selesai walau masih banyak kekurangan, mudah mudahan terjemah ini banyak manfaat bagi ummat khususnya bagi kami sekeluarga  dan guru – guru kami sebagai saham di akhirat kelak, dan ku do’akan bagi yang memanfaatkan terjemahan ini semoga ilmunya manfa’at barokah fiddin waddun-ya wal akhiroh amienKEMBALI KE MENU UTAMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MUQODIMAH

FAEDAH BELAJAR ILMU NAHWU Bismillah.... Faedah Pertama       Kedudukan dan Kemuliaan Mempelajari Ilmu Nahwu 1⃣ keduduk...

BAHASA ARAB ELPIKHI